Kurikulum Ilmu Adminsitrasi Negara

KURIKULUM

2009

 

PROGRAM STUDI

  ADMINISTRASI NEGARA   S1

JURUSAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2009

KATA   PENGANTAR

 

Syukur Alhamdulillah, akhirnya Kurikulum 2009 yang menggunakan pendekatan kompetensi untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY), dapat diselesaikan dengan baik dan lancar. Kurikulum ini diperuntukkan bagi mahasiswa FISE UNY baik program kependidikan maupun nonkependidikan, S1 maupun D3, dan akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2009/2010 bagi mahasiswa angkatan 2009/2010.

Kurikulum ini dikembangkan dengan mengacu pada Keputusan Mendiknas No. 232/U/2000 dan No. 045/U/2002 sebagai rambu-rambu penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Terkait dengan rambu-rambu itu maka Kurikulum 2009 FISE UNY dikembangkan atas dasar atau dengan pendekatan kompetensi. Sesuai dengan rambu-rambu Keputusan Mendiknas No. 232/U/2000 itu, maka struktur kurikulum ini meliputi MPK kurang lebih 10%, MKK kurang lebih 20%, MKB kurang lebih 50%, MPB kurang lebih 10%, dan MBB kurang lebih 10%. Dengan struktur yang demikian itu diharapkan lulusan FISE UNY menjadi lebih berkompenten sesuai dengan bidang masing-masing. Namun demikian kurikulum  ini juga tetap dirancang memiliki kemungkinan fleksibilitas.

Suatu hal yang menggembirakan dokumen kurikulum ini dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah. Dengan demikian kurikulum ini lebih komunikatif bagi mahasiswa untuk kompetensi apa dan yang bagaimana harus dicapai.

Demikian kurikulum ini disusun dan dapat diselesaikan karena bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih.

 

Yogyakarta,  April 2009

Dekan,

 

 

 

Sardiman AM., M.Pd.

 

ii

NIP. 19510523 198003 1 001


DAFTAR ISI

 

 

Kata Pengantar...........................................................................................................................         i

Daftar Isi ......................................................................................................................................         ii

Bab 1 Pendahuluan ..................................................................................................................         1

           A. Rasional ......................................................................................................................         1

           B. Visi, Misi, Tujuan, dan Kompetensi Lulusan ........................................................         2

           C. Strategi Pengembangan Kurikulum ......................................................................         3

Bab 2 Struktur Program ............................................................................................................         5

           A. Program Studi ............................................................................................................         5

           B. Karakteristik kurikulum .............................................................................................         5

           C. Visi, Misi, Tujuan, Kompetensi Lulusan, dan Struktur Kurikulum ....................

               Jurusan/Program Studi: Pendidikan Administrasi/...............................................

               Administrasi Negara ..................................................................................................         6

Bab 3 Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Administrasi Negara...................................         10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. RASIONAL

Dalam pasal 1 ayat 2a Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tentang perluasan mandat Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi universitas, dinyatakan bahwa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai tugas berikut ini.

  1. Menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu.
  2. Mengembangkan ilmu kependidikan dan nonkependidikan, serta mendidik tenaga akademik dan profesional dalam bidang kependidikan dan nonkependidikan.

Berdasarkan tugas tersebut, UNY harus menyelenggarakan beberapa program secara sinergis. Program tersebut mencakup penyelenggaraan pendidikan akademik dan profesional bidang kependidikan dan nonkependidikan; dan mengembangkan ilmu, baik ilmu pendidikan maupun nonkependidikan sebagai penjabaran dari tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II Pasal 3 yang menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa keDDAa Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Untuk mencapai tujuan tersebut perlu dikembangkan kurikulum dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000, kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi. Pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran juga mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menuntut keprofesionalan guru, serta Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 44/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat di Perguruan Tinggi maka sudah saatnya UNY mengembangkan kurikulumnya.

Di samping itu, pengembangan kurikulum ini dilakukan dalam rangka merespon perkembangan ilmu, teknologi, dan seni yang semakin pesat. Dimensi humanis, religius, dan interpreneurship dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum ini sehingga implementasinya dalam pembelajaran bermuatan nilai-nilai positif. Dengan demikian diharapkan UNY dapat menghasilkan lulusan yang cendekia, mandiri, dan bernurani.

 

  1. Visi, Misi, Tujuan, dan Kompetensi Lulusan

1. Visi FISE-UNY

Menjadikan lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual dan kearifan sosial yang berdimensi moralitas religius dalam menghadapi tuntutan dunia global.

  1. Misi FISE-UNY
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam bidang keguruan/kependidikan dan nonkeguruan/nonkependidikan yang berwawasan nasional-global dan berdimensi moralitas.
  2. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen untuk mengembangkan IPTEKS yang tidak bebas nilai.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi kehidupan masyarakat atas dasar ibadah.
  1. Tujuan FISE-Universitas Negeri Yogyakarta
    1. Menghasilkan tenaga guru yang kompeten dan profesional dalam bidang ilmu sosial dan ekonomi.
    2. Menghasilkan tenaga ahli yang profesional di bidang ilmu sosial dan ekonomi.
    3. Menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional.
    4. Menumbuhkembangkan kemampuan melaksanakan penelitian dan pengabdian keDDAa masyarakat
  1. Kompetensi Lulusan

Sesuai dengan tujuan tersebut setiap lulusan memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Kompetensi  Lulusan  S1 Kependidikan
  1. Memiliki integritas sebagai tenaga kependidikan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian, kritis, demokratis, kompetitif, responsif, mengembangkan wawasan kebangsaan, mandiri, dan berjiwa entrepreneur.
  2. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai guru pada rumpun Ilmu Sosial, dalam arti menguasai materi sesuai dengan bidangnya, dan terampil melaksanakan proses pembelajaran secara bermakna di SMA, SMK, MA, MTs., SMP, SMP Terbuka atau SMP Kecil. 
  3. Memiliki kemampuan dan keterampilan tambahan untuk bekerja di luar bidang kependidikan.
  4. Menguasai substansi keilmuan sesuai dengan bidang keahliannya dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan keilmuan itu, baik untuk kepentingan ilmu sendiri maupun untuk kepentingan pembangunan masyarakat secara umum, melalui kegiatan penelitian.
  5. Memiliki  keterampilan  untuk menerapkan  ilmu dan  keahliannya  di dalam kehidupan bermasyarakat.
  6. Responsif  dan  memiliki  kemampuan  antisipasi terhadap setiap perubahan sosial, perkembangan ilmu, dan teknologi.

 

b. Kompetensi  Lulusan  S1  Nonkependidikan

  1. Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian, kritis, demokratis, kompetitif, responsif, mengembangkan wawasan kebangsaan, mandiri, dan berjiwa entrepreneur.
  2. Menguasai substansi keilmuan secara mendalam sesuai bidang keahliannya, sehingga mampu mengomunikasikannya sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  3. Memiliki kemampuan dalam  mengembangkan  ilmu  dan  teknologi  sesuai dengan bidang keahliannya secara ilmiah, baik untuk kepentingan pengembangan ilmu maupun penerapannya untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli di dunia kerja.
  5. Memiliki  kemampuan  menganalisis secara kritis persoalan  yang berkaitan dengan bidang keahliannya dan terampil mengomunikasikannya secara ilmiah.

c. Kompetensi lulusan Program D3

  1. Memiliki integritas sebagai tenaga kerja yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan kebangsaan, berakhlak mulia, berkepribadian, kritis, demokratis, kompetitif, responsif, mandiri, dan berjiwa entrepreneur.
  2. Memiliki dan mengembangkan etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.
  3. Memiliki keterampilan untuk berkomunikasi dan mengembangkan kerjasama untuk kemajuan bidang kerjanya.
  4. Memiliki kemampuan menerapkan ilmu dan keterampilannya untuk kepentingan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat.           
  1. Strategi Pengembangan Kurikulum    

Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor: 232/U/2000, kurikulum pendidikan tinggi yang menjadi dasar penyelenggaraan program studi (prodi) terdiri atas (1) kurikulum institusional, dan (2) kurikulum inti. Kurikulum institusional terkait dengan bahan kajian yang merupakan ciri khas perguruan tinggi yang bersangkutan. Sedangkan kurikulum inti terkait dengan kelompok bahan kajian  yang harus dicakup dalam suatu prodi  yang dirumuskan dalam berbagai mata kuliah sebagai ciri khas prodi yang bersangkutan. Bagian inti yang menjadi ciri khas itu bobotnya sekitar 40%-80% dari beban keseluruhan, dan untuk kurikulum  FISE-UNY bobotnya sekitar 65% baik untuk program strata 1 (S1) maupun diploma 3 (D3). Di dalam kurikulum ini, mata kuliah-mata kuliah universitas  diberi kode MDU, mata kuliah-mata kuliah fakultas diberi kode SEF, mata kuliah-mata kuliah jurusan diberi kode DDA, dan mata kuliah-mata kuliah  prodi diberi kode SAN.

Untuk mencapai kompetensi lulusan setiap prodi, perlu ditentukan kelompok bahan kajian. Dari bahan kajian itu kemudian dirumuskan nama mata kuliah sebagai materi kajian beserta bobot sks-nya yang siap diinteraksikan melalui proses pembelajaran. Mata kuliah-mata kuliah tersebut dikelompokkan menjadi mata kuliah sebagai pilar kompetensi utama (U) yang besarnya kurang lebih 60%, mata kuliah-mata kuliah untuk kompetensi pendukung (P) kurang lebih 35%, dan kompetensi yang lain (L) kurang lebih 5%. Setiap pilar juga ditetapkan bobotnya dengan kisaran yakni: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)  10%,  Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 20%,  Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) 50%,  Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) 15%,  dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 10%.

Mata kuliah-mata kuliah yang disusun di dalam kurikulum dapat dikategorikan ke dalam kegiatan teori (T), praktik (P), ataukah lapangan (L). Selain itu, mata kuliah-mata kuliah tersebut dapat dikelompokkan menurut sifatnya, yaitu wajib lulus (WL), wajib tempuh (WT), dan pilihan (PLH).  Penetapan jenis kegiatan dan sifat mata kuliah tersebut disesuaikan dengan karakteristik program studi. Adapun jumlah sks untuk program S1 berkisar antara 144 -160 sks dan untuk program D3 antara 110 -120 sks.

 

 



 BAB II

STRUKTUR PROGRAM

 

 

  1. Program Studi 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) UNY memiliki lima belas program studi (prodi) terdiri atas kependidikan (Kp) dan nonkependidikan (NKp), satu di antaranya bertaraf internasional yaitu prodi Pendidikan Akuntansi. Dari lima belas prodi tersebut yang berjenjang strata satu (S1) ada dua belas prodi dan tiga prodi berjenjang diploma tiga (D3). Kelima belas prodi tersebut ada yang dapat dilihat pada tabel berikut.

 

Tabel 1

Prodi yang Diselenggarakan FISE UNY

 

No

Program Studi

Jenjang dan Jenis Program

Kp

NKp

1.

Pendidikan Kewarganegaraan            

S1

 

2.

Pendidikan Administrasi Perkantoran     

S1

 

3.

Pendidikan Akuntansi

S1

 

4.

Pendidikan Ekonomi

S1

 

5.

Pendidikan Geografi

S1

 

6.

Pendidikan Sejarah

S1

 

7.

Pendidikan Sosiologi

S1

 

8.

Pendidikan IPS                 

S1

 

9.

Akuntansi

 

S1

10.

Administrasi Negara

 

S1

11.

Ilmu Sejarah

 

S1

12.

Manajemen

 

S1

13.

Akuntansi

 

D3

14.

Pemasaran

 

D3

15.

Sekretari

 

D3

 

 

 

  1. Karakteristik Kurikulum 

Kurikulum FISE-Universitas Negeri Yogyakarta dikembangkan dengan karakteristik sebagai berikut.

  1. Membangun kecerdasan spiritual dan akhlak mulia

Dalam rangka mengembangkan lulusan agar berkepribadian yang baik, memiliki kecerdasan emosional dan spiritual serta berakhlak mulia, sudah sewajarnya tercermin juga pada kurikulumnya. Pengembangan kurikulum didasarkan pada perspektif nilai/kemuliaan akhlak dan spiritualisme. Misalnya jumlah mata kuliah yang terkait dengan pendidikan nilai dan pengembangan kepribadian yang berakhlak mulia ditambah  jumlahnya maupun bobot sks-nya. Keberadaan mata kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Karakter, diharapkan secara bertahap dapat memberi warna dalam upaya pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual serta  kepribadian yang berakhlak mulia mahasiswa dan lulusannya.

  1. Common Ground

Program Common ground memberi kesempatan kepada lulusan untuk memperoleh gelar ganda. Program common ground ini diwujudkan dalam bentuk mata kuliah-mata kuliah yang sama dan setara pada dua atau lebih program studi. Oleh karena itu program common ground ini dikembangkan di tingkat jurusan, dan dengan ketentuan pengambilan mata kuliah common ground harus diakreditasi dengan memperhatikan ekuivalensi.

  1. Mata Kuliah Pilihan

Untuk menambah wawasan dan mengembangkan fleksibilitas berpikir bagi para mahasiswa, setiap prodi perlu menyediakan sejumlah mata kuliah pilihan. Sejumlah mata kuliah pilihan ini dapat dipilih oleh mahasiswa dalam prodinya maupun mahasiswa dari prodi lain. Mata kuliah pilihan yang disediakan bukanlah merupakan mata kuliah yang terkait dengan kompetensi utama bagi prodi yang bersangkutan.

Selanjutnya mata kuliah-mata kuliah pilihan yang disediakan untuk mahasiswa dari prodi lain bersifat lebih umum atau sebaliknya bersifat unik, strategis, dan populer. Penyediaan mata kuliah pilihan ini dalam rangka menambah wawasan akademik mahasiswa. Jumlah sks mata kuliah pilihan tersebut disesuaikan dengan tuntutan kompetensi lulusan dan ketentuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

 

  1. Visi, Misi, Tujuan, Kompetensi Lulusan, dan Struktur Kurikulum Studi Jurusan/Program Studi: Pendidikan Administrasi/ Administrasi Negara
  1. Visi

Menghasilkan tenaga ahli di bidang administrasi negara yang mampu berpikir kritis, analitis, responsif terhadap fenomena sosial, memiliki komitmen terhadap masalah publik, berkepribadian nasional, dan religius.

  1. Misi
    1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membentuk tenaga yang handal di bidang Administrasi Negara.
    2. Mengembangkan sistem pendidikan yang mampu membekali lulusan yang memiliki fleksibilitas, kearifan, kepribadian nasional, dan responsif terhadap setiap perkembangan ipteks.
    3. Membangun budaya akademik yang mendorong ketajaman nurani lulusan.
    4. Memantapkan sistem kelembagaan dan jejaring untuk menunjang fungsi Program Studi Administrasi Negara.
  2. Tujuan
    1. Menghasilkan tenaga ahli yang profesional dalam bidang administrasi negara.
    2. Menghasilkan tenaga ahli yang mampu berfikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan di bidang Administrasi Negara.
    3. Menghasilkan lulusan yang mampu menemukan, memahami, menjelaskan, merumuskan, dan mengembangkan cara menyelesaikan masalah di bidang administrasi negara. 
    4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengikuti dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi Administrasi Negara.
  3. Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Administrasi Negara diharapkan:

  1. Mampu menerapkan pengetahuan, nilai, dan ketrampilan teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang Administrasi Negara dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada publik.
  2. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan di bidang Administrasi Negara.
  3. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan secara metodologis di bidang Administrasi Negara sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, merumuskan, dan mengembangkan cara menyelesaikan masalah yang ada sesuai dengan keahliannya.
  4. Mampu mengikuti dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi Administrasi Negara.

 

 

  1. Struktur Kurikulum

Sesuai dengan SK Mendiknas No 232/U/2000, Struktur Kurikulum Program Studi Administrasi Negara adalah sebagai berikut:

a.     Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)                            13       sks

b.     Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)                              29       sks

c.     Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)                                               81       sks

d.     Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)                                                 10       sks 

e.     Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)                           11       sks

                                                                                                                                    144     sks

Secara rinci sebaran matakuliah dalam elemen dan jenis kompetensi kurikulum untuk Program Studi Administrasi Negara dapat dilihat pada tabel berikut:

 

 

REKAPITULASI SEBARAN MATA KULIAH DALAM ELEMEN DAN JENIS KOMPETENSI

PROGRAM STUDI  ADMINISTRASI NEGARA S1

 

No

Kode Mk

Mata Kuliah

Elemen Kompetensi

Jenis Kompetensi & sks

Kegiatan

Sem

Sifat

MPK

MKK

MKB

MPB

MBB

U

P

L

T

P

L

Jml

WL

WT

PLH

1

MDU301

Pendidikan Agama

3

 

 

 

 

3

 

 

3

 

 

3

1

v

 

 

 

MDU 301

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

v

 

 

MDU 302

Pendidikan Agama Katholik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

v

 

 

MDU 303

Pendidikan Agama Kristen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

v

 

 

MDU 304

Pendidikan Agama Hindu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

v

 

 

MDU 305

Pendidikan Agama Budha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

v

 

 

MDU 306

Pendidikan Agama Konghuchu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

v

 

2

MDU 207

Pendidikan Pancasila

2

 

 

 

 

2

 

 

2

 

 

2

1

 

v

 

3

MDU 209

Bahasa Indonesia

2

 

 

 

 

2

 

 

2

 

 

2

1

 

v

 

4

MDU 210

Bahasa Inggris

2

 

 

 

 

 

2

 

2

 

 

2

1

 

v

 

5

MDU 211

Ilmu Alamiah Dasar

 

 

 

 

2

 

2

 

2

 

 

2

1

 

v

 

6

SEF206

Dasar-dasar Ilmu Sosial

 

2

 

 

 

2

 

 

2

 

 

2

1

 

v

 

7

SAN301

Dasar-dasar Ilmu Adm. Negara

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

1

v

 

 

8

SAN302

Dasar-dasar Tata Hukum Indonesia

 

3

 

 

 

3

 

 

3

 

 

3

1

 

v

 

9

SAN303

Dasar-dasar Ilmu Politik

 

3

 

 

 

3

 

 

3

 

 

3

1

 

v

 

10

MDU208

Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

 

 

 

2

 

 

2

 

 

2

2

 

v

 

11

SAN304

Perekonomian Indonesia

 

3

 

 

 

3

 

 

3

 

 

3

2

 

v

 

12

SAN305

Dasar-dasar Sosiologi

 

3

 

 

 

3

 

 

3

 

 

3

2

 

v

 

13

SAN306

Sistem Politik Indonesia

 

3

 

 

 

3

 

 

3

 

 

3

2

 

v

 

14

DDA301

Organisasi

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

2

 

v

 

15

SAN307

Komputer

 

3

 

 

 

 

3

 

1

2

 

3

2

 

v

 

16

DDA302

Manajemen

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

2

 

v

 

17

SAN308

Statistika Sosial

 

3

 

 

 

 

3

 

3

 

 

3

2

 

v

 

18

SAN209

Sejarah Sosial politik Indonesia**

 

v

 

 

 

 

 

v

v

 

 

v

2

 

 

v

19

MDU213

Kewirausahaan

2

 

 

 

2

 

2

 

2

 

 

2

3

 

v

 

20

SAN310

Metodologi Penelitian Sosial

 

3

 

 

 

 

3

 

3

 

 

3

3

 

v

 

21

SAN311

Teori Administrasi Negara

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

3

v

 

 

22

SAN312

Administrasi Keuangan Negara

 

 

3

 

 

 

3

 

3

 

 

3

3

 

v

 

23

DDA303

Komunikasi

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

3

 

v

 

24

SAN313

Sis. Adm. Negara Indonesia

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

3

 

v

 

25

SAN214

Sistem Sosial Indonesia**

 

 

2

 

 

 

2

 

2

 

 

2

3

 

 

v

26

SAN315

Hukum Administrasi Negara

 

 

3

 

 

 

3

 

3

 

 

3

3

 

v

 

27

SAN316

Manajemen SDM

 

 

3

 

 

 

3

 

3

 

 

3

4

 

v

 

28

SAN317

Praktikum Penelitian/Internship

 

 

 

 

3

3

 

 

1

1

1

3

4

 

v

 

29

SAN218

Human Relations

 

 

2

 

 

2

 

 

2

 

 

2

4

 

v

 

30

SAN319

Etika Administrasi Negara

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

4

 

v

 

31

SAN320

Perpajakan

 

 

3

 

 

 

3

 

3

 

 

3

4

 

v

 

32

SAN321

Kepemimpinan

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

4

 

v

 

33

SAN322

Sistem Informasi Manajemen

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

4

 

v

 

34

SAN323

Administrasi Perkantoran**

 

3

 

 

 

 

 

3

3

 

 

3

4

 

 

v

35

SAN224

Organisasi & Adm. Internasional**

 

 

2

 

 

 

2

 

2

 

 

2

5

 

 

v

24

SAN225

Hubungan Masyarakat

 

 

 

 

2

 

2

 

2

 

 

2

5

 

v

 

25

SAN326

Teori Pembangunan

 

 

3

 

 

 

 

3

3

 

 

3

5

v

 

 

26

SAN227

Bahasa Inggris Lanjut

 

 

 

2

 

 

2

 

2

 

 

2

5

 

v

 

27

SAN328

Perilaku Organisasi

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

5

 

v

 

28

SEF210

Pendidikan Karakter

2

 

 

 

 

 

2

 

2

 

 

2

5

 

v

 

29

SAN329

Kebijakan Publik

 

 

3

 

 

 

3

 

3

 

 

3

5

v

 

 

30

SAN330

Administrasi Pembangunan

 

 

3

 

 

 

3

 

3

 

 

3

5

 

v

 

31

SAN331

Perbandingan Administrasi Negara

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

5

 

v

 

32

SAN332

Patologi Administrasi Negara**

 

 

v

 

 

 

v

 

v

 

 

v

6

 

 

v

33

SAN333

Metode Penelitian Kualitatif**

 

v

 

 

 

 

v

 

v

 

v

v

6

 

 

v

34

SAN334

Analisis Sistem Administrasi

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

6

 

v

 

35

SAN235

Manajemen Pelayanan Publik

 

 

 

2

 

2

 

 

2

 

 

2

6

 

v

 

36

SAN336

Reformasi Administrasi Publik

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

6

 

v

 

37

SAN337

Metodologi Penelitian Administrasi

 

 

 

3

 

 

3

 

3

 

 

3

6

 

v

 

38

SAN338

Analisis Kebijakan Publik

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

6

 

v

 

39

SAN339

Manajemen Strategik

 

 

3

 

 

 

 

3

3

 

 

3

6

 

v

 

40

SAN340

Imp & Eva Kebij. Publik

 

 

3

 

 

3

 

 

3

 

 

3

6

 

v

 

41

SAN241

Kebijakan Pendidikan**

 

v

 

 

 

 

 

v

v

 

 

v

7

 

 

v

42

SAN342

Pembangunan Regional**

 

 

v

 

 

 

v

 

v

 

 

v

7

 

 

v

43

SAN343

Isu dan Kebijakan Otonomi Daerah**

 

 

v

 

 

v

 

 

v

 

 

v

7

 

 

v

44

MDU215

Perspektif global**

 

 

 

 

2

 

2

 

2

 

 

2

7

 

 

v

45

SAN344

KKN

 

 

 

3

 

 

 

3

 

 

3

3

7

v

 

 

46

SAN245

Analisis Dampak Sosial (TABS)**

 

 

 

v

 

 

v

 

v

 

 

v

8

 

 

v

47

SAN246

Seminar Kapita Selekta AN (TABS)**

 

 

 

v

 

 

 

v

v

 

 

v

8

 

 

v

48

SAN247

Tugas Akhir Bukan Skripsi**

 

 

 

v

 

 

v

 

v

 

 

v

8

 

 

v

49

SAN648

Tugas Akhir Skripsi

 

 

6

 

 

6

 

 

2

 

4

6

8

v

 

 

 

 

Total

9%

19%

54%

7%

7%

84

48

12

133

3

8

144

 

 

 

 

 

 

 

13

29

81

10

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Elemen Kompetansi:

Jenis Kompetensi

Kegiatan:

MPK : Mata Kuliah Pengembang Kepribadian

U : Utama

T : Tatap Muka

MKK : Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan

P : Pendukung

P : Praktikum

MKB : Mata Kuliah Keterampilan Berkarya

L : Lain

L : Praktik Lapangan

MPB : Mata Kuliah Perilaku Berkarya

 

*) Mata Kuliah Pengganti Skripsi

MBB : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat

 

**) Mata Kuliah Pilihan

 

                                       



DESKRIPSI MATA KULIAH

 

No.

Mata Kuliah

1

Mata Kuliah         : Pendidikan Agama Islam

Kode                     : MDU301

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini bertujuan mengembangkan kepribadian mahasiswa sehingga menjadi warga negara yang religius, memegang teguh dasar negara dan memiliki kesadaran bela negara. Mata kuliah ini membicarakan pengantar yang menunjukkan pentingnya agama bagi manusia, pengertian Islam dan karakteristiknya, sumber-sumber ajaran Islam, kerangka dasar ajaran Islam, dan kajian keislaman yang merupakan ekspresi dari peradaban Islam.

 

2

Mata Kuliah         : Pendidikan Agama Katholik

kode                     : MDU302

SKS                      : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini bertujuan untuk menyumbang pembentukan kepribadian manusia yang utuh bagi umat Kristiani yang sekaligus Warga Negara Indonesia. Dengan sumber dan dasar Kitab Suci, mahasiswa mendalami imannya dan menyadari panggilannya untuk mengembangkan pribadi sebagai orang beriman di Indonesia.

 

3

Mata Kuliah         : Pendidikan Agama Kristen

Kode                     : MDU303

SKS                        : 3          

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini mendalami pengertian agama, ibadat, pernyataan Allah, manusia citra Allah perkawinan, dosa dan reaksi Allah, pribadi dan karya Yesus, Roh kudus, perjanjian lama dan baru, gereja, injil, escatologi iman dan syahadat.

4

Mata Kuliah         : Pendidikan Agama Hindu

Kode                     : MDU304

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini mempelajari sejarah timbulnya agama Hindu dan penyebarannya ke lima benua, jalan spiritual, catur warga sebagai way of life. Catur warga sebagai empat ikatan dan tugas etika/Cilakrama Yadnya Samkra Pamantapan.

 

5

Mata Kuliah         : Pendidikan Agama Buddha

Kode                     : MDU305

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini memahami pengertian agama Budha, Hanayana, dan Mahayana, Riwayat Budha Gautama, pengikut agama Budha, ibadat, kebaktian Liturgi, Canon dan agama Budha.

 

6

Mata Kuliah         : Pendidikan Agama Konghuchu

Kode                     : MDU306

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi              :

Matakuliah Pendidikan Agama Konghucu bersifat wajib lulus, berbobot 3 SKS. Matakuliah ini dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Tuhan YME, serta memperluas wawasan hidup beragama, sehingga terbentuk mahasiswa yang berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, rasional, dan dinamis serta berpandangan luas.  Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan model ceramah, dialog, dan presentasi makalah. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, penugasan, dan laporan, serta presentasi

7

Mata Kuliah         : Pendidikan Pancasila

Kode                     : MDU207

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini mempelajari sejarah, isi dan hubungan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, dasar filsafat dan ideologi negara, bentuk dan susunan Pancasila, pelaksanaan Pancasila, GBHN, dan Tap MPR.

8

Mata Kuliah         : Pendidikan Kewarganegaraan

Kode                     : MDU208

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :            

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negaranya. Mata kuliah ini mengkaji: 1. Hak dan kewajiban warga negara; 2. Pendidikan pendahuluan bela negara; 3. Demokrasi Indonesia; 4. Hak Asasi Manusia; 5. Wawasan Nusantara; 6. Ketahanan nasional; 7. Politik dan strategi nasional.

 

9

Mata Kuliah         : Bahasa Indonesia

Kode                     : MDU209

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah Bahasa Indonesia bersifat wajib lulus berbobot 2 SKS. Topik yang dibahas perkembangan Bahasa Indonesia, hakekat dan tujuan menulis, tata bahasa Indonesia baku, faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis, minat dan motivasi menulis, pendekatan menulis, menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya.

 

10

Mata Kuliah         : Bahasa Inggris

Kode                     : MDU210

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mahasiswa mampu: (1) mengenali berbagai istilah dan kosakata bahasa Inggris sesuai dengan konteks bacaan, (2) memahami berbagai bacaan bahasa Inggris dalam modul, (3) menulis kalimat dalam bahaca Inggris, (4) membaca bacaan dalam bahasa Inggris secara benar, (5) menerjemahkan bacaan dalam bahasa Indonesia

 

11

Mata Kuliah         : Ilmu Alamiah Dasar

Kode                     : MDU211

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mahasiswa memahami hakikat sains, IPA ditinjau dari fisika, kimia, biologi, dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.

 

12

Mata Kuliah         : Kewirausahaan

Kode                     : MDU213

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini bertujuan membentuk kompetensi mahasiswa berjiwa mandiri dan membentuk profil mahasiswa berjiwa wirausaha. Mata kuliah ini membahas tentang perilaku kwirausahaan, nilai-nilai dan motivasi yang mempengaruhi perilaku pengusaha, fungsi dan peranan kegiatan dalam perekonomian dan pembangunan nasional.

 

13

Mata Kuliah         : Perspektif Global

Kode                     : MDU215

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakulaih ini memberikan wawasan tentang cara pandang dalam memahami beragam fenomena yang berkembang dalam masyarakat dewasa ini. Hal ini untuk membekali mahasiswa agar mampu berpikir secara global dalam menghadapi beragam masalah tapi bisa memecahkan masalah tersebut dengan baik.

 

14

Mata Kuliah         : Dasar-Dasar Ilmu Sosial

Kode                     : SEF206

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :         

Mahasiswa mampu mengembangkan ketrampilan sosial, dan intelektual, berkepedulian sosial, dan bertanggung jawab kepada diri sendiri dan masyarakat.

 

15

Mata Kuliah         : Pendidikan Karakter

Kode                     : SEF210

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya menjunjung tata krama dan sopan santun di dalam pergaulan di tengah masyarakat baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Selain itu, mata kuliah ini bertujuan untuk menanamkan dan memupuk budi pekerti luhur yang bersumberkan dari nilai-nilai agama, hukum, dan tata krama yang seharusnya dijunjung tinggi di tengah masyarakat sesuai dengan kaidah keilmuan termasuk di dalamnya tata krama kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik

 

16

Mata Kuliah         : Organisasi

Kode                     : DDA301

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep organisasi yang meliputi konsep struktur, kultur, design, lingkungan dan keterkaitan antara konsep-konsep tersebut. Diharapkan denagn pemberian mata kuliah ini mahasiswa akan memiliki pemahaman tentang konsep tersebut dan sekaligus dapat memberikan analisis tentang kasus-kasus organisasi yang aktual.

 

17

Mata Kuliah         : Manajemen

Kode                     : DDA302

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memperkenalkan hal-hal yang esensial dari manajemen termasuk di dalamnya: teori, konsep, dan prinsip yang dikembangkan selama ini. Materi yang dibahas meliputi: pengertian manajemen dan fungsi-fungsinya, evolusi pemikiran mengenai manajemen, tingkatan-tingkatan manajemen dan ketrampilan-ketrampilan manajerial.

 

18

Mata Kuliah         : Komunikasi

Kode                     : DDA303

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mahasiswa mampu menganalisis kegiatan komunikasi dan menelaah masalah-masalah yang terjadi dalam organisasi. Matakuliah ini membahas tentang arti penting komunikasi, konsep dasar komunikasi, teori-teori utama dalam komunikasi, berbagai aktivitas komunikasi, pola aliran informasi dalam organisasi, jenis-jenis komunikasi, teknologi komunikasi, etika komunikasi dan pola komunikasi dalam suatu organisasi.

 

19

Mata Kuliah         : Dasar-dasar Ilmu Administrasi Negara

Kode                     : SAN301

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini mengantarkan kepada mahasiswa konsep-konsep dasar dari ilmu administrasi negara dan bagaimana aplikasinya untuk memahami fenomena administrasi negara di Indonesia. Kuliah ini juga mengenalkan kepada mahasiswa state of art administrasi publik dan mendiskusikan isu-isu administrasi publik, bail lokal, nasional, dan internasional. Tujuan kuliah adalah mengenalkan administrasi negara sebagai ilmu pengetahuan, profesi, dan praktek penyelenggaraan urusan publik. Menjelaskan fenomena administrasi publik Indonesia, dan pengaruh perubahan sosial politik nasional terhadap perkembangan administrasi di Indonesia

20

Mata Kuliah         : Pengantar Tata Hukum Indonesia

Kode                     : SAN302

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini dimaksudkan memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa tentang asal hukum, pemberlakuannya dan perkembangan hukum di Indonesia. Diharapkan mahasiswa dapat memiliki dasar wawasan tentang hukum di Indonesia yang dapat membantu memperdalam mata kuliah yang berkaitan dengan keberadaan hukum.

 

21

Mata kuliah          : Dasar-dasar Ilmu politik

Kode                    : SAN303

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini memberikan dasar-dasar untuk memahami ilmu politik, terutama mengenai pengertian dan berbagai persoalan dalam ilmu politik. Melalui kuliah ini mahasiswa diharapkan memperoleh gambaran tentang sasaran, pusat perhatian, cakupan, dan perkembangan ilmu politik serta hubungannya denga ilmu pengetahuan lainnya. Materi kuliah ini meliputi ruang lingkup ilmu politik, batasan ilmu politik, sasaran ilmu politik, metode dan pendekatan ilmu politik, perkembangan ilmu politik, hubungan ilmu politik dan ilmu lainya, konsep-konsep politik, teori politik, Negara sebagai konsep politik, lembaga-lembaga politik dan hubungan antar lembaga politik.

 

22

Mata Kuliah         : Perekonomian Indonesia

Kode                      : SAN304

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar ilmu ekonomi yang diharapkan mampu memperkaya dan mempertajam pendalaman mata kuliah jurusan.

 

23

Mata Kuliah         : Dasar-dasar Sosiologi

Kode                      : SAN305

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar sosiologi. Pengetahuan tentang konsep-konsep dasar tersebut diharapkan dapat dipergunakan oleh mahasiswa sebagai bekal awal mengenal sosiologi.

24

Mata Kuliah         : Sistem Politik Indonesia

Kode                     : SAN306

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan  bekal dan kemampuan untuk menganalisis system politik Indonesia. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori-teori tentang  sistem politik, sekaligus mampu maengalisa system politik Indonesia. Materi kuliah ini meliputi pendekatan system dalam ilmu politik, pendekatan sistem, model-model sistem politik, perbandingan sistem politik, penerapan pendekatan sistem politik, sistem politik Indonesia dari masa-kemasa, sistem politik Indonesia kontemporer.

 

25

Mata Kuliah         : Komputer

Kode                     : SAN307

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini memberikan materi teori dan praktek pemanfaatan teknologi komputer, khususnya pemanfaatan perangkat lunak untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasi negara secara efektif dan efisien pada tingkat lanjut.

 

26

Mata Kuliah         : Statistika Sosial                          

Kode                     : SAN308

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa  memahami konsep dan prosedur statistika dan mampu menerapkannya untuk menganalisis berbagai permasalahan. Materi yang diberikan meliputi pengertian dan kegunaan statistika, data dan sumber data statistik, penyajian dan deskripsi data statistik, fungsi analisis statistic, jenis-jenis teknik analisis statistic, dan pengujian hipotesis untuk pemecahan masalah, termasuk di dalamnya statistik non parametrik sehingga melengkapi kemampuan yang dimiliki dalam menganalisis fenomena sosial.

 

27

Mata Kuliah         : Sejarah Sosial Politik Indonesia**

Kode                     : SAN209

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini memberikan gambaran tentang keadaan sosial dan politik Indonesia mulai dari zaman modern sampai saat ini.

 

28

Mata Kuliah         : Metodologi Penelitian Sosial

Kode                    : SAN310

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mengantarkan mahasiswa memahami konsep-konsep dasar dalam penelitian sosial, memberikan pemahaman tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penelitian sosial sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian sosial secara benar dan memberikan pemahaman tentang langkah-langkah khusus yang sangat penting dalam penelitian sosial. Penjelasan kuliah meliputi sejarah penelitian sosial, penjelasan teori dan riset, prinsip penelitian sosial serta tahapan dan persyaratan dalam melakukan penelitian sosial.

 

29

Mata Kuliah         : Teori Administrasi Negara

Kode                     : SAN311

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui definisi, ruang lingkup, dan perkembangan teori administrasi negara dan memahami relevansi teori untuk memecahkan masalah-masalah administrasi publik.

 

30

Mata Kuliah         : Administrasi Keuangan Negara

Kode                     : SAN312

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :         

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa tentang pengertian-pengertian atau konsep dasar administrasi keuangan, tujuan serta fungsi manajemen keuangan, sumber-sumber keuangan negara, pengelolaan keuangan negara, kebijakan-kebijakan negara yang berkaitan dengan keuangan negara.

 

31

Mata Kuliah         : Sistem Administrasi Negara Indonesia

Kode                     : SAN313

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Kuliah ini memiliki tujuan agar setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami sistem kelembagaan, tata hubungan antar lembaga pemerintahan, peran dan fungsi masing-masing lembaga, serta perkembangan politik dan pemerintahan RI. Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi sistem kelembagaan nasional, mengetahui kebijakan daerah dalam merespon otonomi daerah.

 

32

Mata Kuliah         : Sistem Sosial Indonesia

Kode                     : SAN214

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang teori-teori sosial, perkembangan teori dan konsep masyarakat, dan perkembangan kebudayaan dan masyarakat di Indonesia.

 

33

Mata Kuliah         : Hukum Administrasi Negara

Kode                     : SAN315

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini membekali mahasiswa mengenai sejarah perkembangan Administrasi Negara, dasar hukum Administrasi Negara, kedudukan HAN, hubungan HAN dengan ilmu lain, bagian dari HAN, sumber hukum HAN, asas-asas HAN, perbuatan HAN.

 

34

Mata Kuliah         : Manajemen Sumber Daya Manusia

Kode                     : SAN316

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pengertian sumber daya manusia, analisis jabatan, penarikan sumber daya manusia, seleksi, pengembangan, perencanaan karir, penilaian prestasi kerja, kompensasi/penggajian, kepuasan kerja dan stres disiplin, serikat kerja, audit/personalia, pemberhentian.

 

35

Mata Kuliah         : Praktikum Penelitian/Internship

Kode                     : SAN317

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakulaih ini membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan terkait dengan teori dan konsep yang dikembangkan dalam Ilmu Administrasi Negara. Mahasiswa diharapkan mampu menformulasi masalah yang terjadi di lapangan, menggali data dari lapangan dan membuat pemecahan secara ilmiah sesuai dengan teori dan konsep yang berkembang dalam Ilmu Administrasi negara.

 

36

 

Mata Kuliah         : Human Relation

Kode                     : SAN218

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan pengertian tentang tenaga kerja, buruh dan majikan, membahas teori dan konsep-konsep hubungan kerja, serta tentang sarikat buruh, persatuan pengusaha dan “collective bargaining”. Selain itu dibahas pula mengenai perjanjian perburuhan, perjanjian kerja serta peranan pemerintah dalam hubungan ketenagakerjaan, pemutusan hubungan kerja dan hubungan perburuhan Pancasila. Penekanan materi ini adalah pada manusianya.

 

37

Mata Kuliah         : Etika Administrasi Negara

Kode                     : SAN319

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini berusaha memberikan bekal pengetahuan yang komprehensif kepada para mahasiswa mengenai teori dan penerapan sub disiplin ilmu etika di dalam penyelenggaraan administrasi publik.

 

38

Mata Kuliah         : Perpajakan

Kode                     : SAN320

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mengajarkan peran pajak dalam kehidupan bernegara, teori dan prinsip perpajakan, perkembangan kebijakan perpajakan nasional dan memberi bekal kemampuan menghitung berbagai jenis pajak serta mengisi formulir perpajakan.

 

39

Mata Kuliah         : Kepemimpinan

Kode                     : SAN321

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kepemimpinan, menjelaskan kekuasaan pemimpin, menjelaskan teori lahirnya pemimpin, Diciding how to lead, kepemimpinan yang efektif, menganalisis teori sifat pemimpin, menganalisis teori perilaku, teori kontingensi Fiedler, teori situasional, teori path goal, managerial grid, menjelaskan kepemimpinan dalam praktik, menganalisis tipe pemimpin, dan menganalisis kultur organisasi dan kepemimpinan.

 

40

Mata Kuliah         : Sistem Informasi Manajemen

Kode                     : SAN322

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep sistem informasi manajemen dalam paradigma administrasi negara yang terbaru. Dengan pemahaman tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengetahui peranan SIM dalam organisasi publik. Pemahaman tersebut sekaligus dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan kritisi terhadap fenomena pengelolaan informasi yang tercermin dalam praktek-praktek pembuatan keputusan maupun perumusan kebijakan publik.

 

41

Mata Kuliah         : Administrasi Perkantoran**

Kode                     : SAN323

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Setelah mengikuti kuliah ini para mahasiswa mampu: menjelaskan kedudukan perkantoran dalam administrasi dan organisasi, merumuskan/mengidentifikasi permasalahan dan perilaku pegawai kantor, menyusun perencanaan: sistem, prosedur, dan tatakerja perkantoran, menyusun perencanaan tataruang kantor dan faktor-faktor ergonomic, merumuskan perencanaan perlengkapan kantor, merumuskan pengukuran produktivitas kantor, dan merumuskan pengawasan pekerjaan dan anggaran perkantoran.

 

42

Mata Kuliah         : Organisasi dan Administrasi Internasional**

Kode                     : SAN224

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang bentuk-bentuk organisasi yang berkembang dan kegiatan administrasi yang dijalankan oleh organisasi yang berskala internasional.

 

43

Mata Kuliah         : Hubungan Masyarakat

Kode                     : SAN225

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai prinsip dan konsep dasar hubungan masyarakat, public dan open public, membina hubungan baik dengan publik, media hubungan masyarakat, serta proses kerja hubungan masyarakat agar mahasiswa mampu berlaku sebagai seorang pelaku di bidang hubungan masyarakat.

 

 

44

Mata Kuliah         : Teori Pembangunan

Kode                     : SAN326

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah teori pembangunan memfokuskan perhatiannya pada konfigurasi normatif yang memberi arah bagi berfungsinya mekanisme administrasi publik, dengan memperkenalkan pada mahasiswa berbagai konsep tentang pembangunan. Mata kuliah ini juga menyoroti interaksi antara aspek normatif dengan empiris. Ini menyangkut isu-isu pembangunan.

 

45

Mata Kuliah         : Bahasa Inggris Lanjut

Kode                     : SAN227

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan tentang bacaan dalam bahasa Inggris. Mahasiswa juga dibekali dengan ketrampilan untuk memberikan presentasi dan public speaking. 

 

46

Mata Kuliah         : Perilaku Organisasi

Kode                     : SAN328

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan mampu menganalisis tentang perilaku individu, perilaku kelompok dan perilaku organisasi. Sehingga dalam perkembangannya mahasiswa dapat mengatasi permasalahan yang timbul dalam organisasi.

 

47

Mata Kuliah         : Kebijakan Publik

Kode                     : SAN329

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk menjelaskan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dasar yang harus dipahami dalam studi kebijakan publik, sekaligus melatih mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep tersebut dalam realita melalui analisis kasus dan penulisan aturan kebijakan.

 

48

Mata Kuliah         : Administrasi Pembangunan

Kode                     : SAN330

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Pemberian mata kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pemahaman pentingnya aspek administrasi bagi penyelenggaraan upaya pembangunan nasional yang berlangsung di negara-negara sedang berkembang pada umumnya dan Indonesia pada khususnya. Urgensi pemahaman ini diperlukan karena pengelola pembangunan nasional umumnya mengabaikan serta memandang sebagai sesuatu yang kurang berarti terhadap aspek pengadministrasiannya itu. Tujuan pemberian mata kuliah ini agar mahasiswa dapat mempunyai pandangan yang tepat terhadap peran administrasi pembangunan dalam rangka turut mengelola proses penyelenggaraan pembangunan nasional dan aspek-aspeknya.

 

49

Mata Kuliah         : Perbandingan Administrasi Negara

Kode                     : SAN331

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman pada para mahasiswa tentang pengertian ilmu administrasi negara dan ilmu perbandingan administrasi, tujuan perbandingan administrasi negara. Beberapa kasus sistem administrasi di berbagai negara, beberapa pendekatan studi pembangunan dan studi administrasi, beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan sistem administrasi,, tipologi administrasi, beberapa tipe administrasi (negara berkembang dan maju), mengungkapkan persamaan dan perbedaan sistem sosial, budaya ekonomi dan politik yang mempengaruhinya, membahas metodologi, teori, dan model dari analisis komparatif, pengertian birokrasi, ciri-ciri birokrasi dalam masyarakat, fungsi birokrasi dalam masyarakat, norma-norma budaya dan institusi serta karakteristik administrasi dan ekologi dari administrasi.

 

50

 

Mata Kuliah         : Patologi Administrasi Negara**

Kode                     : SAN331

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah ini membahas konsep patologi yang berkembang dalam Ilmu Administrasi Negara, permasalahan yang dihadapi oleh Ilmu Administrasi Negara, dan bentuk-bentuk patologi yang muncul dari dahulu hingga sekarang.

 

51

Mata Kuliah         : Metodologi Penelitian Kualitatif

Kode                     : SAN333

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini membahas paradigma penelitian kualitatif, teori-teori  yang berkembang dalam penelitian kualitatif, dan bentuk-bentuk penelitian kualitatif. Mahasiswa juga diberikan pengetahuan bagaimana menggali permasalahan melalui kegiatan lapangan untuk menyusun proposal penelitian.

 

52

 

Mata Kuliah         : Analisis Sistem Administrasi

Kode                     : SAN334

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan pada para mahasiswa dalam rangka penelaahan secara mendalam sistem administrasi negara pada umumnya, dan sistem administrasi negara Indonesia pada khususnya. Titik berat pembahasan diletakkan pada komponen-komponen administrasi negara yang riil/nyata ada di Indonesia. Dengan demikian para mahasiswa dapat langsung menerapkan pengetahuannya di lapangan.

 

53

Mata Kuliah         : Manajemen Pelayanan Publik

Kode                     : SAN235

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk mengenalkan konsep-konsep dasar dan teori yang diperlukan untuk mengadakan pelayanan publik, serta melatih mahasiswa untuk menelaah sektor publik di Indonesia.

 

54

 

Mata Kuliah         : Reformasi Administrasi Publik

Kode                     : SAN336

SKS                      : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan pada para mahasiswa tentang bagaimana reformasi administrasi (negara) dilakukan. Materi kuliah meliputi arti dan maksud reformasi dari berbagai segi, restrukturisasi kebijakan publik sebagai esensi dari administrasi negara. Pembahasan materi kuliah ditekankan pada aspek teoritis dan aspek praktis di Indonesia dan beberapa negara lain sebagai model.

 

55

 

Mata Kuliah         : Metodologi Penelitian Administrasi

Kode                     : SAN337

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini membahas pengetahuan tentang penelitian, terutama mulai dari pembentukan pengujian dan penilaian kegunaan teori di bidang ilmu administrasi empiris maupun normatif guna mempertinggi daya penalaran mahasiswa sebagai calon sarjana. Penekanan pada operasionalisasi konsep-konsep administrasi bagi keperluan penelitian.

 

56

Mata Kuliah         : Analisis Kebijakan Publik

Kode                     : SAN338

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Penyelenggaraan mata kuliah ini dimaksudkan terutama untuk memberikan bekal pemahaman dan bekal tambahan pengetahuan para mahasiswa tentang kerangka analisis kebijaksanaan publik menurut berbagai literatur yang ada, dan sekaligus penerapannya untuk kasus-kasus kebijaksanaan publik di Indonesia. Dengan berbekal pemahaman dan tambahan pengetahuan itu diharapkan pada akhir kuliah nanti para mahasiswa mampu menyusun suatu kerangka analisis kebijaksanaan publik dengan baik, dalam arti layak untuk disumbangkan pada para aktor pembuat kebijaksanaan publik untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kebijaksaan pembangunan di Indonesia.

 

57

Mata Kuliah         : Manajemen Strategik

Kode                     : SAN339

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat menganalisis berbagai masalah publik, baik yang berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan secara umum maupun tugas-tugas pelayanan publik dengan mempergunakan teknik-teknik manajemen strategis.

 

58

Mata Kuliah         : Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik

Kode                     : SAN340

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Penyelenggaraan mata kuliah Implementasi dan evaluasi kebijakan publik ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pemahaman dan bekal tambahan pengetahuan para mahasiswa tentang metode dan berbagai macam aspek dalam pelaksanaan implementasi dan studi evaluasi kebijaksanaan publik menurut berbagai literatur yang ada, dan sekaligus penerapannya untuk kasus-kasus kebijaksanaan publik. Dengan berbekal pemahaman dan tambahan pengetahuan itu diharapkan pada akhir kuliah nanti para mahasiswa mampu menyusun suatu kerangka kerja untuk implementasi dan studi evaluasi kebijakan publik yang baik, dalam arti layak untuk disumbangkan pada para aktor pembuat kebijakan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan pembuatan keputusan.

 

59

Mata Kuliah         : Kebijakan Pendidikan**

Kode                     : SAN241

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah ini membekali mahasiswa tentang problematika yang dihadapi oleh dunia pendidikan. Mahasiswa juga dibekali kemampuan untuk melakukan analisis kebijakan pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia dan diharapkan mampu memberikan alternatif serta rekomendasi kebijakan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi.

 

60

Mata Kuliah         : Pembangunan Regional**

Kode                     : SAN342

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mendiskusikan masalah perencanaan pembangunan yang berkaitan dengan pertimbangan kewilayahan (spasial). Perencanaan daerah terpadu antara daerah dengan daerah, daerah dengan nasional dan pembahasan terutama yang menyangkut masalah sosial ekonomi.

 

61

 

Mata Kuliah         : Isu dan Kebijakan Otonomi Daerah**

Kode                     : SAN343

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah ini mendiskusikan beragam isu yang berkembang dalam penerapan otonomi daerah. Mahasiswa diharapkan melakukan studi tentang beragam isu yang muncul dan membuat untuk  sebagai bahan diskusi dalam perkualiahan perkuliahan.

 

62

 

Mata Kuliah         : Kuliah Kerja Nyata

Kode                     : SAN344

SKS                        : 3

Prasarat               : -

Deskripsi             :

 

63

 

Mata Kuliah         : Analisis Dampak Sosial**

Kode                     : SAN245

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis sosial atas beragam kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Mahasiswa diharapkan menghasilkan administrasi yang memuat rekomendasi atas suatu kebijakan berdasarkan analisis dampak yang berkembang dalam masyarakat.

 

 

64

 

Mata Kuliah         : Seminar dan Kapita Selekta AN**

Kode                     : SAN246

SKS                        : 2

Prasarat               : -

Deskripsi             :

Mata kuliah ini memberikan wawasan berpikir lewat proses seminar (teori dan praktek) dengan mengambil permasalahan-permasalahan pokok bidang keahlian administrasi negara. Kegiatan perkuliahan meliputi kegiatan kuliah, pembuatan makalah dan presentasi seminar. Evaluasi ditekankan pada penyusunan makalah dan praktek seminar.